Selasa, 26 Oktober 2010

Telematika

Jika kita membicarakan telematika maka kita akan membicarakan tentang multimedia. Tidak semua manusia (user) diciptakan sempurna, sebagian user terdapat kekurangan. Untuk itu dibuat Interface untuk user dengan kebutuhan khusus. Penelitian untuk user dengan kebutuhan- kebutuhan khusus terfokus pada penyediaan sistem interaksi bagi mereka yang kebutuhannya tidak disediakan oleh komputer standar. Biasanya hal ini karena interface menggunakan saluran input atau output yang tidak dapat digunakan dengan efektif oleh user.

Berkembangnya penggunaan interface grafik mengurangi kemungkinan bagi user mengalami kerusakan visual/penglihatan. Standar interface saat ini adalah interface grafik. Karena interface yang berkembang saat ini banyak menggunakan gambar-gambar/grafik, maka akses ke komputer bagi user yang mengalami kesulitan penglihatan menjadi berkurang. Hal ini disebabkan output dalam bentuk Braile tidak dapat digunakan untuk mempresentasikan gambar. Beberapa sistem mencoba untuk menyediakan akses ke interface grafik untuk kelompok user ini, dengan cara menambahkan suara ke interface. Sistem seperti ini telah sukses, tapi memiliki kekurangan ketika menghadapi banyak data yang harus dipresentasikan.

Untuk user yang mengalami gangguan bicara dan pendengaran, multimedia sistem menyediakan beberapa alat komunikasi, termasuk synthetic speech dan komunikasi berdasarkan teks dan conferencing system. User dengan bermacam gangguan fisik berbeda-beda kemampuannya untuk mengontrol dan bergerak, tapi kebanyakan dari mereka susah dalam menggunakan mouse.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar