Jumat, 15 Oktober 2010

PERKEMBANGAN TELEMATIKA DI INDONESIA

Menurut Moedjiono TELEMATIKA adalah Tele=Telekomunikasi, ma=multimedia, tika=informatika. Telematika sangat berkembang di Indonesia. Contohnya saja internet. Pengguna internet di Indonesia tiap tahunnya meningkat dengan signifikan. internet menjadi kebutuhan bagi banyak orang karena dengan internet kita dapat mengakses dan menemukan segala informasi dengan cepat dan mudah.
Sekarang banyak sekali penyelenggara jasa internet atau dalam bahasa inggris Internet service provider disingkat ISP. contohnya seperti speedy, First Media, Indosat, Biznet, CBN dan lan-lain. Untuk dapat mengakses internet baik dengan kabel atau tanpa kabel selain diperlukan seperangkat komputer atau laptop juga diperlukan sebuah Modem, modem berfungsi sebagai protokol yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya.
Layanan internet juga ada yang menggunakan Wireless Lan yaitu akses internet tanpa kabel seperti akses GPRS menggunakan handphone, PDA, laptop, dll. Sinyal Hotspot biasanya terdapat di tempat-tempat seperti tempat perbelanjaan, Restoran, Kampus seperti di kampus Gunadarma, atau berbagai tempat lainnya bisa digunakan untuk mengakses internet.
Internet seperti dua mata pisau dimana internet mempunyai dampak negatif dan positif. Dampak negatif yang selalu menjadi pembicaraan banyak orang adalah pornografi. Selain itu yang menjadi dampak negatif adalah Net gaming yaitu sejenis kecanduan karena judi, bermain game, berbelanja dan kegiatan jual beli saham melalui internet yang mengganggu pekerjaan dan/atau mengakibatkan terjadinya utang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar