Jumat, 05 Maret 2010

HOTSPOT ZONE

Mendengar kata Hotspot sudah tidak asing bagi mahasiswa dan dosen gunadarma. Setiap kampus gunadarma memiliki hotspot zone yang dapat diakses siapa saja dengan menggunakan account studentsite atau staffsite. Mungkin sebagian orang belum mengerti apa itu hotspot zone. Saya mengutip dari Wikipedia, Hotspot (Wi-Fi) adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN. Pertama kali digagas tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan. Pada umumnya, hotspot menggunakan standarisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan akses yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE 802.11 b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11 g) dalam jarak hingga 100 meter.

Ternyata fasilitas hotspot tidak hanya ada di lokasi-lokasi perguruan tinggi saja. Ada beberapa tempat yang pernah saya kunjungi ternyata memiliki hotspot zone. Biasanya di tempat-tempat publik seperti taman, restoran, mall, perpustakaan nasional di matraman dll. Dengan adanya hotspot gratis di berbagai tempat misalnya kampus, memudahkan mahasiswa bisa mengakses internet untuk memperoleh data-data penting yang berhubungan dengan mata kuliah sebagai bahan referensi untuk pengembangan pengetahuan maupun tugas dari dosen.. Sedangkan zona hotspot yang tersedia di tempat-tempat seperti food court, cafe ataupun mall Secara penghitungan memang saya tidak begitu memahami secara detail. Namun bisa dipastikan jika mereka pun tidak mau mendapat kerugian dengan adanya fasilitas ini. Apalagi mengingat biaya internet yang semakin murah, maka cara ini tidak akan banyak mempengaruhi biaya operational perusahaan mereka. Yang terjadi justru malah sebaliknya secara otomatis fasilitas ini bisa menambah penghasilan tempat tersebut. Untuk mengakses hotspot ini kebanyakan food court memang menggunakan cara biasa, yaitu dengan meminta kode akses setelah pengunjung memesan makanan atau minuman.

Universitas Gunadarma adalah salah satu kampus yang memiliki Hotspot zone. Cara aksesnya mudah, yaitu dengan memasukkan Pass key dan password (c0b4d1b4c4). Belum cukup sampai disitu mahasiswa harus memasukkan ID studentsite dan password. Kecepatan aksesnya bias dikatakan bagus. Tetapi, jika mahasiswa banyak yang mengakses dalam satu area hotspot kecepatan berkurang atau bahasa kampusnya ‘LEMOT’. Demikian informasi ini semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar